Monday, March 28, 2011

Review Gunpla MG (Master Grade) ZGMF - X56S/α Force Impulse Gundam

Pada kesempatan kali ini, Gunpla Heroes In Action akan memberikan review produk MG Gunpla dari seri Mobil Suit Gundam SEED Destiny yaitu MG Force Impulse Gundam. MG buatan Bandai satu ini memiliki tinggi sekitar 18 cm, berbeda dengan produk gunpla kebanyakan yang ada di pasaran ,MG Force Impulse Gundam memiliki fitur untuk memisahkan bagian-bagian tubuhnya menjadi beberapa flyer unit seperti yang terlihat di animenya, hal ini mirip dengan MG Gundam RX 78-2  dan MG  Gundam ZZ yang memiliki fitur serupa.

  • A.1. Core Splendor
Core Splendor merupakan bagian inti dari Impluse Gundam, bentuk aslinya berupa jet fighter tapi dapat berubah menjadi kokpit dari Impulse. Replika Core Splendor ini terbilang mini tetapi memiliki detail yang cukup tinggi dan sangat mirip dengan animenya. Beberapa bagian Core Splendor perlu diberi  tambahan cat atau gundam marker agar lebih sesuai dengan warna aslinya, tetapi secara keseluruhan Bandai membuat replika ini dengan sangat mengesankan. 

Core Splendor

Core Speldor dengan action base

Core Splendor membetuk kokpit Impulse

  • A.2. Chest Flyer Unit
Chest Flyer merupakan jet fighter pembentuk body bagian atas dari Impulse Gundam, komponen Chest Flyer terdiri dari body bagian atas Impulse, beam rifle dan shield.

Chest Flyer foto 1

Chest Flyer foto 2
 Komponen Chest Flyer1
Body bagian atas Impulse

Komponen Chest Flyer 2
Beam Rifle

Komponen Chest Flyer 3
Shield foto 1

Shield foto 2

Shield foto 3


  • A.3. Leg Flyer Unit
Leg Flyer merupakan unit pembentuk kaki dari Impulse Gundam.
  Leg Flyer foto 1

Leg Flyer foto 2

Leg Flyer foto 3
  • A.4. Silhouette Flyer & Force Silhouette
Silhouette Flyer memiliki bentuk menyerupai pesawat shuttle dan berfungsi untuk membawa backpack dari Impulse Gundam yaitu Force Silhouette. Gabungan keduanya membetuk unit yang disebut Force Silhouette Flyer.

Silhouette Flyer foto 1

Silhouette Flyer foto 2

Force Silhouette

Force Silhouette Flyer

  • B. Part Tambahan
Dalam seri MG Force Impulse Gundam ini juga disertakan sebuah part tambahan berupa sebuah MMI-710 "Excalibur" anti-ship sword, equipment pedang  ini sebenarnya merupakan bagian dari Sword Impulse Gundam tapi digunakan Force Impulse Gundam untuk mengalahkan Freedom Gundam.

MMI-710 "Excalibur" anti-ship sword
  •  C. MG Force Impulse Gundam 
 Force Impulse dilengkapi dengan beam rifle

Force Impulse dilengkapi dengan beam saber

Force Impulse dilengkapi Excalibur

Force Impulse tampak belakang
    • C.1. Kelebihan
    Kelebihan dari MG Force Impulse Gundam  adalah desainnya yang unik dimana bagian tubuhnya dapat berpencar dan membentuk Flyer Unit tersendiri, mengingatkan kita pada desain original Gundam atau yang biasa disebut Gundam RX 78-2 karena memiliki kemampuan yang sama. Persendian tubuh MG ini juga lumayan bagus, sehingga memungkinkan MG ini melakukan banyak pose.
    • C.2. Kekurangan
    Karena bagian-bagian tubuhnya dapat berpencar membuat sambungan tubuh MG ini lemah, terutama  pada bagian backpack  Force Silhouette. Kalau kita tidak berhati-hati saat mengganti posenya, kemugkinan besar beberapa bagiannya tubuhnya akan terlepas.
    • C.3. Kesimpulan
    Disamping beberapa kelemahan yang dimiliki terutama pada bagian sambungan tubuh  yang lemah dan  memang rata-rata Gunpla yang dapat berubah bentuk memiliki kelemahan serupa. MG ini memiliki fitur dan akurasi kemiripan bentuk tubuh yang tinggi dengan  Force Impulse Gundam yang muncul di animenya. Secara keseluruhan Gunpla ini cukup layak dikoleksi bagi kalian pecinta  Gundam Plastik Model yang lebih mementingkan akurasi kemiripan bentuk dan tidak terlalu mempersoalkan sambungan tubuh yang lemah.


    No comments:

    Post a Comment